Beda, 6 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain!

Beda, 6 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain!

Beda, 6 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain!

Beda, 6 Kuliner Khas Kalimantan Ini Tidak Ada di Daerah Lain! – Susu menjadi ciri khas dari soto banjar dan yang membedakannya dengan soto khas Nusantara lainnya. Soto banjar juga merupakan salah satu kuliner khas Kalimantan yang mudah kita jumpai d’daerah lain.

Namun tidak seperti sepuluh kuliner Kalimantan berikut ini yang terbilang unik dan berbeda. Kuliner-kuliner ini jarang atau bahkan tak bisa kamu jumpai ke daerah Indonesia lainnya. Kuliner khas Kalimantan apa saja yang dimaksud? Yuk, intip satu per satu!

1. Sotong pangkong

Melansir dari Bobsledsong – Informasi Seni Dan Musik sotong pangkong merupakan kuliner yang terbuat dari sotong atau cumi-cumi yang terjemur. Bisa kita nikmati langsung bersama sambal, tak sedikit masyarakat Kalimantan yang mengolahnya menjadi beragam hidangan untuk kita jadikan sebagai lauk.

2. Bubur gunting

Merupakan kuliner alkuturasi dari budaya Tiongkok, bubur gunting berbahan dasar kacang hijau yang telah terkupas kulitnya. Kuah bubur gunting juga bertekstur kental, terbuat dari tepung tapioka dan gula. Tak sekadar manis, bubur gunting memiliki aroma sedap berasal dari daun pandan.

3. Gangan humbut

Sekilas mirip sayur lodeh karena berkuah santan, gangan humbut merupakan kuliner terbuat dari humbut.
Apa itu humbut? Humbut adalah batang muda yang mudah dijumpai di pucuk pohon kelapa. Kacang panjang hingga potongan labu, menjadi isian pelengkap gangan humbut.

4. Lontong orari

Sayur nangka dan ikan haruan adalah lauk identik yang melengkapi kenikmatan lontong orari. Keunikan lontong sayur yang mudah dijumpai di Banjar ini terletak pada bentuknya yakni segitiga.

5. Nasi bekepor

Nasi bekepor semacam nasi liwet yang d’masak bersama bumbu rempah serta ikan asin. Supaya sedap dari segi aroma dan rasa, nasi bekepor d’beri tambahan daun kemangi serta jeruk nipis saat mengolah. Nasi bekepor biasanya tersantap bersama sayur atau lauk daging khas Kalimantan lainnya.

6. Ayam cincane

Menggunakan ayam kampung, ayam cincane tak seperti kuliner berbahan ayam Nusantara lainnya. Rempah-rempah seperti jahe dan lengkuas, menjadi bumbu andalan ayam cincane.

Cara masak ayam cincane juga menggunakan santan sehingga menghasilkan rasa gurih yang menyerap di setiap lapisan daging.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *