Fakta Tato Mentawai Seni Rajah Tertua dari Suku Mentawai

Fakta Tato Mentawai Seni Rajah Tertua dari Suku Mentawai

Fakta Tato Mentawai Seni Rajah Tertua dari Suku Mentawai – Suku Mentawai adalah suku di Indonesia yang menempati Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat. Seperti suku Nias dan suku Enggano, mereka adalah pendukung budaya Proto-Melayu yang menetap di Kepulauan Nusantara sebelah barat. Suku ini juga di kenal sebagai suku tertua yang ada di Indonesia, di ketahui para nenek moyang orang Mentawai adat di yakini telah bermigrasi pertama ke wilayah.

Image result for Fakta Tato Mentawai Seni Rajah Tertua dari Suku Mentawai

Tato mentawai sudah menjadi tradisi suku Mentawai sejak zaman kuno

Menyandang status sebagai seni rajah tertua di dunia, tato mentawai di ketahui. Lebih tua dari tato yang ada di peradaban kuno mesir. Tentu saja, hal ini tidak lepas dari perhatian para masyarakat suku Mentawai dalam menurunkan tradisinya secara terus-menerus.  Juga penorehan budaya tato mentawai di dasarkan pada ide kebudayaan orang-orang terdahulu yang di dukung kuat oleh keinginan dan kesadaran untuk menurunkannya.

Tato mentawai dijadikan sebagai alat komunikasi bagi kelompok suku adat

Melansir dari http://status-med.com/ seorang ahli yang banyak melakukan penelitian tentang tato mentawai, menjelaskan kalau tato mentawai di gunakan sebagai alat komunikasi bagi kelompok suku adat. Tentu saja apa yang di gambarkan di tato mentawai tidak sembarangan, melainkan mewakilkan sebuah identitas mengenai tanah asal, status sosial, hingga seberapa hebat seorang pemburu.

Memiliki proses ekstrem dalam pembuatannya

Terdapat tiga tahapan yang berbeda untuk membuat tato mentawai. Tahap pertama akan di lakukan di usia 11–12 tahun pada bagian pangkal lengan. Lalu, di tahap kedua tato akan di buat pada bagian paha di usia remaja, dan yang terakhir ketika seseorang telah di anggap dewasa . Karena sudah seni untuk membuat tato sesuai adat.

Proses pembuatan tato mentawai yang harus didahulukan dengan upacara adat

Selain menjadi hiasan, tato mentawai memiliki filosofi yang di percayai oleh masyarakat suku Mentawai itu sendiri. Bahwasannya, tato adalah bentuk keseimbangan antara manusia dengan alam. Sebagai bangsa peramu, masyarakat Mentawai percaya bahwa mereka harus menato unsur-unsur alam seperti bebatuan, hewan, dan tumbuhan pada tubuh mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *