Jajanan Jawa Barat dengan Sebutan Berbeda di Daerah Lain

Jajanan Jawa Barat dengan Sebutan Berbeda di Daerah Lain

Jajanan Jawa Barat dengan Sebutan Berbeda di Daerah Lain – Jawa Barat merupakan salah satu tempat yang di gemari wisatawan untuk memanjakan lidah. Sebagai surga wisata kuliner, wisatawan dapat menemukan jenis-jenis kudapan khas Jawa Barat pada berbagai acara khusus yang di adakan di berbagai tempat. Selain harganya yang relatif murah dan variasi yang beragam, rasa jajanan Jawa Barat tergolong masuk untuk kebanyakan lidah orang Indonesia sehingga cukup populer. Tapi, jangan salah, beberapa daerah juga memiliki kuliner yang hampir mirip dengan jajanan populer khas Jawa Barat.

Image result for Jajanan Jawa Barat dengan Sebutan Berbeda di Daerah Lain

Bala-bala

Bala-bala merupakan salah satu jenis cemilan dengan cara di goreng yang paling populer di Jawa Barat. Jenis kuliner ini banyak di jual di pinggir jalan hampir di berbagai tempat. Bahan baku makanan ini adalah sayur-sayuran yang terdiri dari wortel dan kol. Di berbagai tempat, khususnya DKI Jakarta, jajanan serupa di kenal juga dengan sebutan bakwan.

Cilung

Jajanan yang berbahan tepung tapioka yang satu ini bernama cilung. Cilung berasal dari singkatan aci gulung.  Aci sendiri dalam bahasa Sunda berarti tapioka atau tepung yang terbuat dari pati singkong. Makanan ini juga terdapat di daerah Maluku dan Papua dengan nama papeda namun di sajikan dengan kuah kuning.

Seurabi Kinca

Melansir dari http://thecomixverse.com/  seurabi awalnya sejenis kue tepung beras yang dimasak bersama kelapa parut dengan cara dibakar di sebuah tembikar khusus berbentuk mangkuk, hingga pada perkembangannya kue ini diberi aneka toping seperti oncom untuk varian asin dan tambahan gula merah yang dicairkan untuk varian manis.

Bandros

Merupakan salah satu jajanan tradisonal Sunda, rasanya gurih dengan tekstur yang garing juga bagian luar dan lembut juga bagian dalam. Terbuat dari tepung dan kelapa parut yang gurih. Jajanan ini merupakan jajanan yang biasa di konsumsi anak-anak sekolah, karena kebanyakan pedagang cilok mangkal di sekitar sekolah. Cilok di makan dengan di campur saus kacang yang membuat rasanya enak dan gurih. Kota daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur jajanan ini di kenal dengan sebutan pentol karena bentuknya yang bulat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *