Makanan khas betawi di jakarta

Kalau kamu lahir atau sudah lama tinggal di Jakarta yang merupakan kampung makanan khas betawi jakarta, sudah seharusnya kamu mengenal segala macam kuliner khas Betawi juga dong. Coba deh cek semua makanan asli Betawi di artikel elbuenumc.org ini dan cari tahu apakah kamu sudah tahu dan pernah mencoba semuanya.

1. Gado-Gado

Banyak yang sudah mengetahui bahwa gado-gado asalnya dari Betawi, tetapi tahukah kamu kalau ada juga gado-gado khas Surabaya? Nah, istimewanya gado-gado Betawi di bandingkan gado-gado Surabaya adalah bumbu kacangnya yang tidak memakai santan sehingga lebih sehat.

2. Ketoprak

Banyak yang suka bingung, apa sih bedanya gado-gado dan ketoprak? Sebenarnya kalau sepiring gado-gado dan sepiring ketoprak di letakkan bersampingan, pasti bakal langsung kelihatan bedanya. Warna dominan di gado-gado adalah hijau, sedangkan di ketoprak, putih coklat. Perbedaan warna ini di sebabkan oleh gado-gado yang di penuhi dengan variasi sayur, sedangkan ketoprak biasanya hanya menggunakan toge dan tahu yang di temani dengan bihun dan ketupat.

3. Kerak Telor

Biasanya sih kerak telor bisa di temukan di Kota Tua Jakarta, area Car Free Day Thamrin, dan di JI Expo Kemayoran ketika ada festival HUT Jakarta. 

Kerak telor ini bisa juga coba dilihat dari artikel mamiya-usa sekilas terlihat seperti omelet telur ala Amerika. Bedanya, ketika di masak, omelet Betawi satu ini di  masak dengan telur dan beras ketan putih terkadang juga di tambahkan ebi lalu di bumbui dengan kekayaan rasa kuliner Nusantara dari sangrai kelapa, kencur, jahe, bawang merah, merica, dan cabe merah.

4. Sate Ayam Betawi

Betawi dengan rasa manis tersebut sebenarnya bukan satu-satunya jenis sate betawi karena ada lagi saudaranya yang bernama sate lembut yang menyate campuran daging sapi cincang.

5. Soto dan Sop Kaki Kambing Betawi

Nah, kalau Soto Betawi bedanya apa dengan soto-soto dari daerah lain Indonesia? Kuah soto Betawi merupakan campuran susu dan santan sehingga terasa legit. Isiannya biasa bisa kamu pilih dari beragam daging dan jeroan sapi atau kambing, yang kemudian di temani dengan emping. Di makan dengan nasi, soto maupun sop kaki kambing Betawi ini rasanya mengenyangkan dan menyegarkan.

inilah beberapa Makanan khas betawi di jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *