7 Tanaman Sayur Ini Indah Dipelihara di Pekarangan

7 Tanaman Sayur Ini Indah Dipelihara di Pekarangan

7 Tanaman Sayur Ini Indah Dipelihara di Pekarangan

7 Tanaman Sayur Ini Indah Dipelihara di Pekarangan – Bercocok tanam menjadi salah satu hobi yang digemari di tengah pandemik COVID-19. TIdak cuma tanaman hias, banyak orang juga mencoba menanam berbagai jenis sayur.

Selain menjadi bahan masakan, beberapa tanaman sayur juga bisa dijadikan penghias pekarangan rumah, lho! Berikut ini tujuh tanaman sayur yang mudah perawatannya dan bikin pekarangan makin asri.

1. Selada

Selada tergolong tanaman sayur yang mudah perawatannya. Media tanamnya bisa menggunakan tanah atau ditanam secara hidroponik dengan media air.

Selada punya bentuk daun yang indah, berukuran lebar, dan bergelombang di bagian tepinya. Jika dirawat dengan baik hingga tumbuh rimbun, tanaman selada ini bisa bikin pekarangan rumah terlihat makin asri.

2. Sawi pakcoy

Di antara berbagai jenis sawi, pakcoy termasuk yang banyak digemari. Biasanya, daunnya diolah dengan cara ditumis atau dicampurkan ke dalam kuah sukiyaki.

Merawat tanaman sawi pakcoy terbilang mudah. Ia bisa ditanam dengan media tanah atau air secara hidroponik. Jika ditanam di tanah, pastikan sawi pakcoy disiram dua kali sehari dan diletakkan di tempat yang teduh, namun tetap mendapat cukup sinar matahari.

Bentuk daunnya menyerupai sendok. Gradasi warna dari bagian batang hingga tulang daun, terlihat apik. Tanaman ini bisa memperindah pekarangan rumahmu, apalagi jika ditata rapi menggunakan rak atau ditanam secara hidroponik.

3. Bayam

Bayam yang terkenal kaya serat dan kalium, sangat baik dijadikan sumber nutrisi untuk tubuh. Selain kaya gizi, proses penanaman dan perawatannya pun mudah. Bayam termasuk tanaman sayur yang cocok dibudidayakan di pekarangan rumah.

Melansir dari https://superbandar.live/ Bagian dari bayam yang biasa kita konsumsi adalah daun dan batangnya. Ternyata, bayam punya bunga yang berukuran kecil dan berwarna putih. Wujud bunganya seperti kumpulan serbuk yang membentuk kuncup. Bisa bikin pekarangan jadi lebih asri.

4. Kangkung

Kangkung adalah sayuran yang sangat mudah didapatkan. Harganya pun sangat terjangkau. Begitu juga saat ditanam, kangkung termasuk tanaman sayur yang mudah tumbuh di mana saja.

Gak perlu dari benih, sisa batang kangkung yang gak dimasak pun bisa ditanam kembali. Cukup rendam dalam wadah berisi air, beberapa hari kemudian akan mulai muncul bakal daun di tiap ujung batang.

5. Wortel

Sayuran yang kaya vitamin A ini, juga menarik dijadikan hiasan pekarangan. Bagian umbinya memang terpendam dalam tanah. Hanya bagian batang dan daunnya yang muncul di permukaan tanah.

Wortel juga menarik jadikan tanaman hias untuk pekarangan rumah. Bentuk batang dan daunnya menyerupai seledri, namun dengan bentuk ramping dan motif sobekannya lebih jarang.

6. Daun bawang

Daun bawang bisa dikategorikan sebagai sayur dan bumbu. Bahan makanan yang satu ini sering dijadikan pelengkap di aneka masakan. Bikin aroma kudapan jadi makin harum dan lezat.

Tanaman daun bawang juga bisa tumbuh di media tanah dan air. Warna hijau tua pada daun terlihat kontras dengan bagian batangnya. Diletakkan di pot, tanaman daun bawang bisa menghiasi pekarangan jadi makin indah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *