Bukan Klenteng, Ini Masjid Purbalingga

Bukan Klenteng, Ini Masjid Purbalingga

Bukan Klenteng, Ini Masjid Purbalingga

Bukan Klenteng, Ini Masjid Purbalingga – Sebuah masjid di Purbalingga Tampak berbeda. Dengan nuansa kental, masjid ini mirip dengan klenteng.

Siapa yang tidak tahu Klenteng Sam Poo Kong? Klenteng terkenal di Semarang dengan luas mencapai 3,6 hektar sekaligus yang diperoleh. Bangunan megah ini pernah dibangun oleh Laksamana Cheng Hoo sebagai saudagar muslim keturunan tionghoa. Karena semua orang mengikuti Laksamana Cheng Hoo beragama islam maka berdirilah Klenteng Sam Poo Kong.

Ternyata Bangunan yang mirip dapat kita lihat di Desa Selaganggeng, Kec. Mrebet, Kab. Purbalingga, Jawa Tengah, yaitu Masjid Muhammad Cheng Hoo. mirip tapi tak sama, masjid ini bukan dibangun oleh Laksamana Cheng hoo.

Namun dibangu oleh tionghoa tionghoa bernama Thio Hawa Khong yang telah berganti nama menjadi Heri Susatyo, ia juga tergabung dalam PITI (Persatuan Islam Tionghoa Indonesia).

Alasan membangun Masjid dengan ornamen Tionghoa adalah salah satu cara dakwah dengan tidak mengembalikan identitasnya sebagai keturunan Tionghoa. Pembangunan dimulai pada tahun 2004 dan selesai tahun 2011, pembangunannya disebabkan oleh ada pembangunan.

Pemberian nama Muhammad Cheng Hoo karena menghormati Laksamana Cheng Hoo di Nusantara. Laksamana Cheng Hoo pernah berkeliling Jawa, Sumatera Selatan, Kalimantan. Meliputi Surabaya, Semarang, Sambas, dan Palembang.

Ternyata penghargaan atas layanan Laksamana Cheng hoo bukan hanya membuat masjid di Purbalingga. Tapi juga bisa ditemui di Jambi, Banjarmasin, Surabaya, Kutai Kartanegara, Gowa, Banyuwangi, Palembang, Samarinda, dan Batam.

Melihat banyaknya masjid yang didirikan, Meski memang diperuntukkan untuk ibadah. Tapi karena ada yang terikat dengan ornamen masjid. Bagi siapa saja yang ingin datang untuk berwisata sangat diperhatikan, karena wisata ini juga termasuk dalam eduwisata.

Untuk kamu yang akan berkunjung ke Masjid Cheng Hoo cukup sediakan uang receh dua ribu rupiah bagi yang mengendarai motor maka kamu bisa menikmati dan menikmati keindahan Masjid Cheng Hoo.  IDN Poker Deposit Pulsa

Masjid yang ada di Pandaan ini bisa kamu tempuh dengan waktu 1 jam 12 menit jika menggunakan motor. Jadi tidak ada salahnya untuk kamu buat Masjid Cheng Hoo sebagai referensi kunjungan wisata religi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *