Erdogan Resmikan Papan Nama Baru Masjid Hagia Sophia

Erdogan Resmikan Papan Nama Baru Masjid Hagia Sophia

Erdogan Resmikan Papan Nama Baru Masjid Hagia Sophia

Erdogan Resmikan Papan Nama Baru Masjid Hagia Sophia – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meresmikan papan nama baru untuk Masjid Hagia Sophia. Ikon bersejarah di kota Istanbul akan dibuka kembali untuk sholat yang pertama dibuka setelah sekitar 86 tahun menjadi museum nasional turki.

Setelah menghadiri pertemuan tentang masalah militer di ibu kota Ankara, Erdogan lanjut menuju Istanbul. Dilansir di media lokal, Jumat, Erdogan dan delegasi lalu meresmikan papan nama yang dipajang di gerbang utama Masjid Hagia Sophia. Mereka lalu berswafoto bersama di sana.

Pada kesempatan tersebut, Erdogan juga membahas tentang persiapan yang telah dilakukan untuk membuka kembali Hagia Sophia guna melaksanakan sholat. Hagia Sophia adalah salah satu tujuan wisata utama di Turki untuk pengunjung domestik dan manca negara.

Pada 1985, selama bangunan berstatus sebagai museum nasional turki, Hagia Sophia ditambahkan ke dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO. Sebelum menjadi museum, Hagia Sophia merupakan bangunan gereja yang dibangun oleh Byzantium. Bangunan itu berguna sebagai gereja selama 916 tahun lamanya, sampai kemudian terjadi penaklukan Istanbul oleh kekaisaran Ottoman.

Masa Utsmaniyah

Di masa Utsmaniyah sebagai, Hagia Sophia dialih berfungsi menjadi masjid antara 1453 dan 1934, hingga sekitar 500 tahun lamanya. Namun kemudian, di bawah pemerintahan sekuler Turki, Hagia Sophia beralih status menjadi museum pada 1934.

Pada 10 Juli 2020, putusan pengadilan Turki membatalkan dekrit Kabinet 1934, yang mengubah Hagia Sophia menjadi museum. Langkah ini dibuka sebagai tempat ibadah atau masjid.

Setelah putusan itu, Hagia Sophia ditempatkan di bawah Direktorat Urusan Agama Turki, yang akan dipindahkan layanan keagamaan di masjid itu. Sementara itu, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Turki akan memulihkan pekerjaan restorasi (pemulihan) dan pengubahan fungsi dari bangunan tersebut. Meski menjadi masjid, bangunan dengan arsitektur kuno ini akan tetap terbuka untuk pengunjung domestik dan gratis.

Nah, membicarakan rangkuman yang kami rangkum untuk Anda, bagi Anda yang ingin mengunjungi mesjid hagia sophia datang ke Turki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *