Ini 5 Mindset yang Menghambat Kamu untuk Berkembang

Ini 5 Mindset yang Menghambat Kamu untuk Berkembang

Ini 5 Mindset yang Menghambat Kamu untuk Berkembang

Ini 5 Mindset yang Menghambat Kamu untuk Berkembang – Semua orang pasti sering merencanakan sesuatu namun berakhir dengan tidak melakukan apa-apa. Atau membuat sederatan to do list yang tidak satu pun berhasil menandainya. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Amanda Crowell, seorang pakar psikolog kognitif dari New York, dalam TEDx Talks https://stof-dk.com/ mengungkapkan bahwa hal itu bersumber dari Mindset Block. Fenomena yang disebut juga dengan defensive failure atau sebuah sikap “bertahan” dengan kegagalan. Kalau membiarkan terus menerus akan bedampak fatal bagi perkembangan jiwanya. Akibatnya kamu tidak melakukan apa-apa, stuck, dan stuck pada titik yang sama tanpa perkembangan.

Apa saja 5 mindset block yang perlu kalian hindari.

1. Tertanam dalam hati bahwa kamu tidak bisa melakukannya

Adanya perasaan tentang tidak cukup baik membuat diri sendiri terjebak dalam pemikiran yaang akhirnya membuat kamu tidak melakukan apa-apa. Padahal membayangkan diri sendiri “pantas dan bisa” juga mampu mendorong hasrat untuk bisa melakukan satu hal sampai berhasil.

Satu-satunya hal yang dapat membuatmu gagal ialah ketika kamu berhenti dan tidak pernah mencoba.

2. Menganggap persepsi orang lain sangat penting

Tidak jarang orang yang menganggap identitas dan eksistensi jiwa dari mata orang lain sangat penting. Sehingga ketika orang lain berpikir, “kamu tidak pantas melakukan hal itu”, kamu pun akan berpikir hal yang sama. Padahal alih-alih mendapatkan identitasmu, kamu justru sebenarnya tidak tahu siapa sebenarnya kamu.

Lebih baik cari dan temukan orang yang serekuensi dan mendukungmu untuk bisa melakukan banyak hal. Dengan demikian, langkahmu tidak akan berhenti dari pikiran.

3. Sebenarnya kamu “tidak ingin” melakukannya, tapi “harus mau”

Seperti yang Crowell dalam TEDx Talk katakan, “Diam-diam, kamu tidak ingin melakukannya, hanya berpikir kamu harus melakukannya. Kamu melakukannya karena alasan yang salah”

Siapa yang tahu bahwa sebenarnya kamu sedang mengejar impian orang lain, menjalani kisah orang lain, dengan mencoba mencapai hal yang harapan oleh orang lain. Karena itu, alasan intrinsik yang bersumber dari dalam jiwa seperti keingintahuan, minat, dan passion harus lebih kuat dari alasan ekstrinsik, contohnya harapan pujian dari orang lain, kebanggan dari orang lain, dan alasan lain dari luar kamu. Alasan sangat berpengaruh pada jangka panjang. JMaka, hati-hati dalam memilih alasan ya.

4. Membandingkan dengan orang lain

Selain tiga hal itu, ada satu hal fatal yang membuat perkembanganmu semakin terhambat yakni kerap membandingkan dengan orang lain. Tidak sedikit orang yang juga berpikir dua kali untuk melakukan satu hal dengan pikiran, “ia lebih hebat dan bertalenta daripada aku”.

Tidak ada yang tahu seperti apa “balik layar” seseorang yang kamu anggap hebat. Lebih baik fokus pada kualitasnya, lakukan dengan sebaik mungkin, dan versi terbaik dari jiwamu.

5. Selalu berpikir, “aku belum siap”

Kamu perlu tahu juga rahasia kecil bahwa sebenarnya tidak orang yang benar-benar siap. Yang ada hanyalah keinginan untuk terus melangkah dan belajar sambil berjalan. Maka, seperti yang katakan Richard Branson, seorang industrialis asal Inggris, “kalau ada seseorang yang menawarkanmu kesempatan luar biasa tetapi kamu tidak yakin kamu bisa melakukannya, katakan saja YA, kemudian pelajari cara melakukannya nanti!”

Memang benar bahwa terkadang halangan terbesar untuk pencapaian keinginan seseorang datang dari jiwa sendiri. Bukan berarti kamu tidak berbakat atau tidak memiliki kekuatan untuk bisa berhasil. Namun, tanpa kamu sadari, sebenarnya pola pikirlah yang membatasi dirimu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *