Langkah Membuat Hati Menjadi Tenang

Langkah Membuat Hati Menjadi Tenang

Langkah Membuat Hati Menjadi Tenang

Langkah Membuat Hati Menjadi Tenang, – Dalam hidup, setiap manusia pasti memiliki kesedihan dan masalahnya masing-masing. Ada yang diberi masalah yang berat, ada juga yang biasa-biasa saja. Tidak sedikit dari masalah hidup itu membuat seseorang menjadi tidak tenang; menjadi resah, gelisah, stres, sampai mengalami gangguan tidur.

Mereka yang merasa bahwa masalah hidup yang mereka miliki terlalu besar, hingga kemudian nekat melakukan hal-hal yang tidak seharusnya benar untuk dilakukan. Semua itu mereka perbuat hanya demi bisa menghindari masalah tersebut; bukan mengatasi.

Pada dasarnya, manusia adalah makhluk yang lemah, terutama saat dihadapkan dengan berbagai kesulitan hidup. Perasaan galau, cemas, bahkan depresi hingga ingin mengakhiri hidup biasanya muncul saat manusia mengalami masalah yang sulit untuk dicari solusinya. Sudah menjadi kodrat manusia bersifat keluh kesah saat mereka mengalami suatu kesulitan.

Kegelisah serta ketidaktentraman hati menjadikan orang mudah dipengaruhi oleh bujuk rayu iblis hingga terjerumus ke dalam perbuatan maksiat. Padahal, tiada ada Allah memberikan cobaan kepada hamba-Nya melainkan sesuai dengan kemampuan untuk menghadapi. Orang-orang yang mudah menyerah sesungguhnya hanya merugikan kepada diri mereka sendiri. Untuk itu, sangat penting untuk mendapatkan ketenangan jiwa dan raga agar bisa menghadapi segala macam cobaan hidup di dunia ini.

Berzikir mengingat Allah Swt.

Kesibukan membuat kita lupa terhadap banyak hal, termasuk mengingat Allah Swt. sehingga saat ditimpa masalah hati kita menjadi susah, apa pun yang kita lakukan tidak lantas membuat hati kita menjadi tenang. Kekalutan yang kita rasakan sebenarnya sudah diberi obatnya oleh Allah Swt. dalam surat Ar-Ra’d ayat 28.

Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram. Masalah yang dialami oleh setiap manusia memang berbeda-beda, namun jika kita memiliki Allah yang mahasegalanya, insyaallah kita bisa menghadapi setiap masalah. Jangan pernah mengatakan pada diri kita, “Ya Allah, aku punya masalah yang besar!”, tetapi katakanlah, “Duhai masalah, aku memiliki Allah Yang Mahabesar!”

Berwudu

Selama ini, mungkin kita berpikir bahwa berwudu hanya sebagai syarat sahnya salat kita. Padahal, berwudu pada dasarnya adalah menyucikan diri dari hadas kecil sebelum salat. Namun, yang tidak kita ketahui adalah bahwa berwudu juga dapat menjadi penawar bagi hati yang gelisah. Allah menyukai orang-orang yang menyucikan diri, seperti dalam firman-Nya dalam surat Al-Baqarah ayat 222.

Jika diri kita sudah suci, Allah pun akan menyukai kita dan siapa lagi yang mampu menenangkan hati kita selain Allah Swt.?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *