Makanan Khas Daerah Maluku yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Daerah Maluku yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Daerah Maluku yang Wajib Kamu Coba

Makanan Khas Daerah Maluku yang Wajib Kamu Coba, – Semua orang pasti membutuhkan makan. Pastinya gak ada orang hidup yang gak membutuhkan makan. Betul gak? Karena kebutuhannya inilah makanan memiliki peran penting bagi setiap orang. Kebutuhan akan makan membuat setiap daerah memiliki keunikan sendiri soal makanan, terutama di Maluku.

Melansir dari https://andersonplanes.com/, Maluku merupakan sebuah provinsi di bagian selatan Kepulauan Maluku. Pantai dan pulau menjadi primadonanya daerah ini. Hal itu karena Maluku merupakan daerah yang dikelilingi oleh perairan. Ini juga berpengaruh kepada ragam makanan khas Maluku, yakni kebanyakan makanannya terbuat dari olahan ikan.

Salah satu hal yang paling menarik dari traveling adalah mencicipi makanan lokalnya. Indonesia merupakan negara dengan sejuta keindahan, suku dan budaya. Semua wilayah di Indonesia mempunyai ciri khas masing-masing yang membedakan daerah satu dengan daerah yang lain.

Makanan khas memang salah satu daya tarik yang begitu menggoda untuk dicicipi jika seseorang berkunjung ke suatu daerah. Kurang lengkap rasanya kalau sudah tiba di suatu tempat tapi enggak mencoba makanan khasnya.

Menurut sejarah, Maluku merupakan wilayah tertua di Indonesia. Bahkan, wilayah Maluku disebut sebagai wilayah yang sangat kaya. Bahkan, berlimpahnya emas, mutiara dan cengkeh membuatnya dikenal sebagai tanah surga. Keanekaragaman alam inilah membuat Maluku bergelimang aneka macam kuliner.

Salah satu daerah Indonesia yang mempunyai makanan khas yang lezat adalah Maluku. Maluku menjadikan sagu sebagai makanan pokoknya ini merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan pulau-pulaunya yang indah dan makanan khasnya yang berbahan dasar ikan.

Pada zaman dahulu, penduduk Eropa memberi sebutan Maluku sebagai “Kepulauan Rempah-rempah” dikarenakan provinsi Maluku menjadi penghasil rempah-rempah terbaik, seperti cengkeh dan pala.

Papeda

Makanan khas Maluku ini tersohor berasal dari Maluku dan Papua. Bahan dasarnya adalah tepung sagu, yang dimasak hingga terlihat seperti bubur. Teksturnya kental dan lengket, dengan warna putih serta rasanya tawar.

Sekilas penampilannya mirip lem kertas. Makanan khas Maluku ini biasanya disantap bersama ikan tongkol, yang sudah ditambahkan bumbu kunyit. Kandungan serat di dalam papeda sangat tinggi, tapi rendah kalori.

Cara memakannya sangat unik, dengan cara menyeruputnya dari piring. Bisa juga dengan menggulungnya menggunakan sumpit. Bagi yang tidak terbiasa biasanya merasa kesulitan. Tapi itulah keunikan, yang mungkin kamu belum pernah merasakannya.

Gohu Ikan

Kalau di Jepang ada sashimi, di Ternate (Maluku Utara) ada Gohu Ikan, yang merupakan makanan khas Maluku berbahan dasar daging ikan mentah. Ikan cakalang dan ikan tuna jadi pilihan favoritnya.

Cara pembuatannya terbilang mudah, dengan memotong daging ikan seperti dadu. Kemudian mencucinya, dan melumurinya dengan perasan lemon, dan garam.

Sesudah proses itu bisa menambahkan daun kemangi. Lalu adonan itu didiamkan beberapa saat. Biar menambah selera, biasanya ditambahkan bumbu tumisan cabe rawit, dan bawang merah yang dirajang. Bumbu itu dituangkan di atas ikan, dan siap dinikmati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *