UIGM dan UIN Walisongo Semarang Gelar Lokakarya Nasional

UIGM dan UIN Walisongo Semarang Gelar Lokakarya Nasional

UIGM dan UIN Walisongo Semarang Gelar Lokakarya Nasional

UIGM dan UIN Walisongo Semarang Gelar Lokakarya Nasional – Pembangunan Berkelanjutan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan baik, adalah tujuan bersama seluruh bangsa-bangsa di dunia yang harus terus ditunjang oleh perguruan tinggi, terlebih untuk perguruan tinggi Islam.

Hal demikian disampaikan Rektor UIN Walisongo Semarang, Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag saat menjadi keynote speaker dalam acara Lokakarya UI GreenMetric Perguruan Tinggi Islam Se-Indonesia. Kamis

Lokakarya yang membahas Pengembangan Kampus Hijau di Perguruan Tinggi Islam ini adalah hasil kerjasama UIN Walisongo Semarang dan UI GreenMetric World University Rangking di bawah pimpinan Universitas Indonesia.

Dra. Peni Rahayu, M.Si, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Provinsi Jawa Tengah, mewakili Gubernur Provinsi Jawa Tengah, menyambut dengan baik kegiatan itu.

Menurutnya pengembangan Kampus Hijau sama dengan komitmen Pemprov Jawa Tengah untuk terus menambah Ruang Terbuka Hijau di Jawa Tengah.

“Kami sangat apresiasi langkah perguruan tinggi Islam untuk terus berkontribusi dalam melakukan penghijauan, terlebih untuk kampus-kampus di Jawa Tengah seperti UIn Walisongo Semarang,” jelasnya.

Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc selaku perwakilan UI GreenMetric menjelaskan konsep pemeringkatan Kampus Hijau.

Menurut Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Indonesia ini, langkah bersama Universitas di Seluruh dunia untuk menggunakan Green Campus merupakan sinyalemen positif dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

“UI GreenMetric sebagai lembaga pemeringkatan kampus hijau sedunia, terus mendorong seluruh perguruan tinggi, termasuk perguruan tinggi Islam untuk berkontribusi aktif dalam pembangunan berkelanjutan lewat penerapan indikator-Indikator dalam UI GreenMetric,” pungkas Prof Riri.

UI GreenMetric melakukan pemeringkatan kampus Hijau sedunia lewat enam indikator yakni Setting Infrastruktur, Pengelolaan energy dan Perubahan Iklim, Pengelolaan Limbah, Air, Transportasi serta Penelitian dan Pendidikan.

Para pimpinan perguruan tinggi Islam dan perwakilan dari Tim UI GreenMetric menjadi narasumber pada acara ini.

Materi terbagi dalam tiga sesi, sesi pertama oleh Dr. Nyoman Suwartha, S.T,M.T, M.Agr ( UIGM, Universitas Indonesia).

Sesi kedua terkait Pengelolaan dan penataan Infrastruktur, energi dan Perubahan Iklim, dan Limbah dibahas oleh Prof. Dr. Abdul Haris, M.Ag (Rektor UIN Malik Ibrahim Malang), Dr. Ir. Budiyanto, M.IP (Rektor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), dan Dr. Mukhsin Jamil, M.Ag (Wakil Rektor I UIN Walisongo Semarang)

Sesi ketiga mengenai Pengelolaan Air, Transportasi dan Pendidikan Penelitian berbasis pembangunan berkelanjutan disampaikan oleh Prof. Dr. Moh. Mukri, M.Ag (Rektor UIN Raden Intan Lampung), Prof. Fathul Wahid, S.T, M.T (Rektor Universitas Islam Indonesia) dan Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd (Rektor IAIN Samarinda).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *